Monday, March 20, 2017

Kisah Inspiratif Walt Disney Sang pengusaha Sukses



TAU - Walter Elias Disney atau lebih dikenal sebagai Walt Disney (lahir di Chicago, Illinois, Amerika Serikat, 5 Desember 1901 – meninggal di Burbank, California, Amerika Serikat, 15 Desember 1966 pada umur 65 tahun) adalah seorang produser film, sutradara, animator, dan pengisi suara berkebangsaan Amerika Serikat. Ia terkenal akan pengaruhnya terhadap dunia hiburan pada abad ke-20. Sebagai tokoh pendiri Walt Disney Productions (bersama Roy O. Disney), Disney menjadi salah satu produser film paling terkenal di dunia. seorang penerbit film tersohor di dunia. Perusahaan yang didirikannya, kini dikenal sebagai The Walt Disney Company, kini memiliki pendapatan tahunan sekitar $ 35 miliar.
Disney terkenal sebagai produser film dan showman, dan juga inovator dalam bidang animasi dan desain taman bermain. Ia dan anak buahnya menciptakan berbagai karakter terkenal dunia, seperti Miki Tikus yang disuarakan oleh Disney sendiri. Ia telah memenangkan 26 Academy Awards dari 59 nominasi. Selain itu, Disney juga meraih 7 Emmy Awards.
Kami tidak menginginka para jenius di studio kami [Walt Disney].
Walter Elias Disney lahir pada tanggal 5 Desember 1901 di 2156 N. Tripp Ave, HermosaChicagoIllinois, dari pasangan Elias Disney dan Flora Call. Nenek moyang Walt Disney beremigrasi dari GowranIrlandia. Arundel Elias Disney, kakek buyut Disney, lahir di Kilkenny, Irlandia, pada tahun 1801, dan merupakan keturunan dari Robert d'Isigny, orang Perancis yang berkelana ke Inggris bersama William sang Penakluk tahun 1066. Nama d'Isigny di Anglikanisasi menjadi Disney. 

sejak kecil, Walt telah menunjukkan ketertarikan pada seni. Walt kecil sering menjual hasil gambarnya ke tetangga dan memperoleh tambahan uang dari sana. Pada saat remaja, Walt masuk ke McKinley High School di Chicago dan mempelajari seni dan fotografi.
Dari situ, Walt Disney mulai menyukai dan menghargai alam liar, serta keluarga dan komunitas. Meski ayahnya seorang yang disiplin dan seringkali tidak memiliki uang, namun ibu Walt dan kakaknya yang bernama Roy mendukung Walt untuk mengejar mimpinya.
Kamu akan mencapai sebuah titik dimana kamu tidak  bekerja untuk uang [Walt Disney].
Pada tahun 1919, Walt yang hendak mencari pekerjaan di luar pabrik jelly O-Zell di Chicago, pindah kembali ke Kansas City untuk memulakan karier seninya. Setelah mempertimbangkan untuk menjadi aktor atau artis koran, ia memutuskan untuk bekerja di koran, melukis karikatur politik atau strip komik. Sayangnya, tidak ada satupun yang ingin mempekerjakannya sebagai pelukis maupun sopir ambulans. Saudaranya, Roy, yang bekerja di sebuah bank di Kansas City, membuat Walt mendapat pekerjaan sementara di Pesmen-Rubin Art Studio dari rekan kerja Roy. Di Pesmen-Rubin, Disney membuat iklan untuk surat kabar, majalah, dan bioskop. Di sinilah ia bertemu dengan kartunis Ubbe Iwerks. Setelah berakhirnya kerja sementara di Pesmen-Rubin, mereka berdua tidak memiliki pekerjaan, lalu memutuskan untuk mendirikan perusahaannya sendiri.

Pada Januari 1920, Disney dan Iwerks mendirikan perusahaan yang bernama "Iwerks-Disney Commercial Artists". Sayangnya, perusahaan itu tidak berusia lama, dan Disney pergi sementara untuk memperoleh uang di Kansas City Film Ad Company, yang selanjutnya diikuti oleh Iwerks yang tidak mampu menjalankan bisnisnya sendiri. Ketika bekerja di Kansas City Film Ad Company, tempat ia membuat iklan berdasarkan cutout animation, Disney mengembangkan minatnya dalam bidang animasi, lantas ingin menjadi animator.

Ia diperbolehkan oleh pemilik Ad Company, A.V. Cauger, untuk meminjam kamera dari tempat kerjanya untuk uji coba di rumah. Setelah membaca buku Edwin G. Lutz yang berjudul Animated Cartoons: How They Are Made, Their Origin and Development, ia melihat animasi lebih menjanjikan bagi masa depannya dibanding cutout animation yang dikerjakannya untuk Cauger. Akhirnya, Walt hendak membuka bisnis animasi sendiri, lalu merekrut seorang rekan kerja dari Kansas City Film Ad Company, Fred Harman, sebagai pekerja pertamanya. Walt dan Harman kemudiannya berhasil membuat persetujuan dengan pemilik bioskop setempat Frank L. Newman, tokoh yang dikenal sebagai "showman" paling terkenal di kawasan Kansas City pada saat itu, untuk menyiarkan kartun yang berjudul "Laugh-O-Grams" di bioskop tersebut. 

Ketika kamu percaya mengenai suatu hal, percayalah selalu akan hal itu, secara implisit dan tidak pernah mempertanyakanya [Walt Disney].
Pada tahun 1918, Walt mendaftar ke wajib militer namun ditolak karena umurnya yang terlalu kecil. Setelah itu, dia bergabung dengan Red Cross sebagai supir ambulans hingga akhir Perang Dunia I sebelum akhirnya berpindah ke kota Kansas, dimana Walt mulai memproduksi film animasi pertamanya bersama Ub Iwerks di Institut Seni Kota Kansas. Namun sayang sekali, usahanya yang bernama Laugh-O-Grams bangkrut.
Setelah kebangkrutan tersebut, Walt Disney berpindah ke Hollywood pada bulan Agustus 1923 hanya dengan membawa sebuah koper dan 20 dolar untuk membuka sebuah studio dengan bantuan finansial dari kakaknya, Roy.
Film pertamanya “Alice Comedy” merupakan serian yang populer pada tahun 1923-1927. Pada tahun 13 Juli 1925, Walt menikahi salah seorang pegawainya, yaitu Lilian Bounds. Dengannya, Walt memiliki 2 orang anak perempuan yang bernama Diane Marie dan Sharon Mae
Meski Alice cukup sukses, namun Mickey Mouse merupakan gebrakan kesuksesan untuk Walt. Pengisi suara Mickey pada saat itu adalah Walt sendiri. Karakter tersebut diperkenalkan pada tahun 1928 sebagai kartun bisu “Plane Crazy.” Namun di kemudian hari, kecanggihan teknologi memampukan Walt menciptakan kartun yang tersinkronisasi dengan suara.
Ada lebih banyak harta didalam buku daripada yang didapat perampok di pulau harta [Walt Disney].
Disneyland
Disneyland dibuka secara resmi pada 17 Juli 1955. Salah satu pengunjung yang hadir pada pembukaan adalah Ronald Reagan, Bob Cummings dan Art Linkletter.Ketika melakukan kunjungan bisnis ke Chicago pada akhir 1940-an, Disney menggambar rancangan taman bermain yang diharapkan menjadi tempat pekerjanya menghabiskan waktu dengan anak-anak mereka. Ia mendapatkan ide taman bermain anak-anak setelah mengunjungi Children's Fairyland di Oakland, California.

Ide awalnya dikembangkan menjadi konsep untuk perusahaan besar yang menjadi Disneyland. Disney menghabiskan lima tahun mengembangkan Disneyland dan membuka anak perusahaan, yaitu WED Enterprises, untuk melaksanakan perencanaan dan pembuatan taman. Sekelompok kecil pekerja studio Disney bergabung dengan proyek pembangunan Disneyland sebagai insinyur dan perencana yang dijuluki "Imagineers".

Aku tidak suka megulangi kesuksesan, aku lebih suka untuk mencari hal lain [Walt Disney].
Awal 1960-an merupakan keberhasilan bagi Disney, dan Walt Disney Productions menjadi produsen utama hiburan dunia.
Setelah bertahun-tahun berusaha, Disney akhirnya memperoleh hak milik buku-buku P.L. Travers yang berkisah mengenai seorang pengasuh ajaib. Film Mary Poppins yang dirilis pada tahun 1964 merupakan film Disney paling sukses sepanjang 1960-an.
Sejak saat itu, kesuksesan demi kesuksesan diraihnya hingga akhirnya pada tahun 1955, Walt resmi membuka taman rianya yang bernama Disneyland di Anaheim, California. Pada awal tahun 1960-an, Disney Empire sangatlah sukses, dan Walt Disney Productions merupakan produser paling terkenal di dunia untuk kategori hiburan keluarga pada saat itu.

Animasi memberikan sebuah media untuk bercerita, dan hiburan visual yang mampu  memberikan kenikmatan dan informasi kepada orang-orang, berapapun usianya, dimanapun di selurh dunia [Walt Disney].
Pada akhir 1966, Disney dijadwalkan menjalani operasi leher akibat cedera lama dari bermain polo. Pada 2 November 1966, selama operasi, dokter di Providence St. Joseph Medical Center mendapati bahwa Disney mengidap tumor di paru-paru kirinya. Lima hari kemudian, Disney kembali ke rumah sakit untuk operasi, tetapi tumor telah menyebar. 
Disney kemudian diberitahu bahwa hidupnya hanya tinggal enam bulan lagi. Pada 30 November 1966, Disney roboh di rumahnya, tetapi berhasil diselamatkan oleh paramedis, lalu dibawa kembali ke rumah sakit, tempat ia menghembuskan napas terakhirnya pada 15 Desember 1966, pukul 09.30 pagi, sepuluh hari setelah ulang tahunnya yang ke-65. Jenazahnya dikremasi pada 17 Desember 1966, lalu abunya disimpan di Forest Lawn Memorial Park di Glendale, California.
Setelah kepergian Walt Disney, Roy Disney menguasai sepenuhnya Walt Disney Productions dan WED Enterprises. Dia juga membuat Walt Disney World Resort untuk mengenang adiknya di bulan Oktober 1971.

Kapanpun aku berjalan, aku selalu berfikir mengenai apa yang salah mengenai sesuatu dan bagaimana bisa memperbaikinya [Walt Disney].
Studio tersebut membutuhkan waktu lama untuk mengumpulkan kembali semangatnya setelah kematian Walt karena sosok Walt-lah yang membawa jiwa terhadap film-film-nya. Pada tahun 1980-an, studio tersebut mampu mendapatkan kepercayaan dirinya kembali dan mampu menciptakan film paling suksesnya hingga saat ini, termasuk The Little Mermaid di tahun 1989, Beauty and the Beast di tahun 1991, Aladdin di tahun 1992 dan Lion King di tahun 1994. 


Nah, itu tadi sekilas kisah inspiratif dari sang pengusaha sukses "Walt Disney". Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian semua, Terimakasih.

0 komentar:

Post a Comment